Serangga Tomcat di Tasikmalaya

Belum usai fenomena serangan ulat bulu sekarang gempar dengan fenomena serangga tomcat di Surabaya , tomcat kalau di daerah saya sering diberinama copet hidupnya di pelepah daun kelapa .Tomcat meyerang Tasikmalaya menurut salah satu TV Swasta Kota Tasik Tomcat menyerang warga indihiang tepatnya di aboh menyerang anak perempuan usia 8thn .Jelas panik gimana kalau mulai nyernag ke halaman rumah saya ? solusinya gimana ? basmi ? atau biarkan saja ?.Setelah saya serching di google ternyata Tomcat memiliki banyak manfaat diantaranya sebagai predator wereng , karena habitat aslinya yaitu di sawah sudah habis terjepit pembangunan mungkin Tomcat bermigrasi ke kota ,Urbanisasi :D.Saya kira Tomcat adalah kartun musuh jerry ternyata Semut Semai atau Serangga Tomcat (nama ilmiah: Paederus littoralis), disebut pula Kumbang Rove (Rove Beetle) atau dengan nama daerah Semut Kayap atau Charlie di Indonesia, adalah kelompok utama dari hewan beruas (Arthropoda) yang termasuk dalam keluarga besar Kumbang (Staphylinidae), terutama dibedakan oleh panjang pendeknya penutup pelindung sayap (“sayap berlapis”) yang meninggalkan lebih dari setengah dari perut mereka terbuka. Dengan lebih dari 46.000 spesies dalam ribuan generasi, kelompok ini adalah keluarga kedua terbesar kumbang setelah Curculionidae (kumbang yang sebenarnya). Serangga ini termasuk kelompok serangga kuno, dengan fosil serangga tomcat diketahui dari Jaman Triassic atau pemusnahan Mahluk Hidup di Bumi, 200 juta tahun lalu.

Ciri-ciri kulit yang terkena gigitan Tomcat:

1. Timbul warna kemerah-merahan pada kulit
2. Kulit akan terasa gatal
3. Terjadi iritasi atau peradangan pada kulit
4. Kulit akan tampak melepuh akibat adanya iritasi
5. Apabila parah, maka akan timbul nanah pada kulit Untuk mengatasinya,

kita juga telah menyiapkan caranya:

1. Hindari kontak langsung dengan hewan ini. Kontak langsung dengan hewan ini sama saja dengan menempelkan kulit pada racun. Biasanya kulit akan terasa panas disusul dengan munculnya bintik-bintik gatal, berair dan juga bekas hitam di kulit. Bila kamu ingin menyingkirkannya, gunakan kertas atau meniupnya, jangan langsung memegangnya dengan tangan.

2. Bilas dengan air mengalir dan sabun jike bersentuhan Segera letakkan kulit yang kontak dengan tomcat di bawah kran air dan cuci bersih menggunakan sabun. Jika terasa seperti luka bakar, segera kompres kulit dengan antiseptik dingin dan pastikan serangga tomcat sudah tidak ada lagi.

3. Pasang kasa nyamuk dan juga tutup jendela dan pintu Untuk mencegah masuknya kumbang ini, pastikan tidak ada celah baginya. Apalagi jika daerah kamu memiliki riwayat wabah tomcat.

4. Jangan menggosok kulit atau mata jika bersentuhan dengan tomcat Racun yang ada pada kulitnya bisa menginfeksi daerah lain yang kamu sentuh. Cuci bersih tangan kamu sebelum menyentuh bagian tubuh yang lain.

5. Pastikan kebersihan lingkungan rumah Buang tanaman yang tidak terawat dan pastikan kebersihan taman kamu sehingga hewan ini tidak akan bersarang di sana. Inilah cara-cara yang ampuh untuk menanggulangi penyakit tomcat. Mencegah lebih baik dari pada mengobati oleh karena itu pastikan rumah kamu bersih dan nyaman sehingga kamu terganggu dari gangguan tomcat. Meskipun serangga ini berguna bagi petani, kita juga harus tetap waspada.

Untuk antibiotik anda bisa mengkonsumsi jelly gamat luxor , selain dapat di konsumsi jelly gamat luxor juga dapat di oles di bagian kulit yang terkena racun Tomcat  untuk mendapatkan jelly gamat luxor silahkan klik cara pemesanan jeli gamat luxor 

 

About Aryanto

hidup adalah pilihan

Posted on March 22, 2012, in TASIKMALAYA SAJABINA and tagged , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Saya belum pernah lihat serangganya mas, maaf ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: