Tips Memelihara Bajing

BAJING DAN CARA MERAWATNYASebenernya hari ini saya lagi nunggu pesanan bajing saya datang adopsi gitu,Maaf sebelumnya bukan berarti saya merenggut hak bajing untuk hidup di alam bebas,tapi jika dia hidup di alam bebas lebih berbahaya para pemburu liar ancaman mereka.Karena bajing ini dianggap hama/hewan pengerat,perusak kebun para petani,terutama untuk kebun kelapa,manggis,dukuh,dan tanaman berbuah manis lainnya,sehingga tak jarang keberadaan bajingi ini sangat di benci oleh para petani.Nah maksud saya pelihara bajing supaya keberadaannya tidak punah,heheh

Gini aja nanti kalau bajingnya sudah datang,dan sudah saya pelihara share cara merawatnya saya posting,kita tunggu besok aja.

Up Date

Bajing pesanan saya akhirnya selamat sampai di rumah,sayang bajing yang saya pelihara galaknya minta ampun.Korban pertama adalah saudara saya,telunjuknya berceceran darah akibat gigitan si bajing.Waduh kayanya perlu kesabaran ekstra untuk memelihara bajing tersebut sampai jinak.Dan perlu di waspadai gigtan bajing bisa buat badan demam,serius gak bohong ini pengalaman pribadi. Yang pertama akan saya bahas adalah :

1.Kandang

memelihara bajingUkuran kandang tak jadi patokan,asalkan tidak terlalu sumpek juga sudah cukup.Buatlah kandang yang berbahankan besi dan ram kawat.Karena jangan harap bajing anda akan tetap berada pada kandangnya jika kandang yang anda buat berbahankan kayu atau bambu.Usahakan supaya tidak ada makanan sisa yang membusuk di dalam kandang supaya kandang tetap steril.Jangan lupa kasih deh batok kelapa dan serabutnya buat kamarnya heheh.

2.Makanan

Soal makan si bajing,kita tak perlu repot-repot.Segala macam buah-buahan si bajing pasti suka,asalkan tidak beracun ya kita kasih aja,saya sih pagi-pagi saya kasih makan nasi.Ingat tanpa lauk looo hihihi.Tapi usahakan beri makan buah-buahan yang bervariatif,supaya kebutuhan serat dan vitamin nya terpenuhi.

3.Mandi

Bajing juga perlu mandi supaya bulu-bulu nya tetap terawat alias tidak botak.Dan bajing itu baunya minta ampun kalau gak dimandiin.Mandikan bajing di minggu pagi lalu jemur deh sampai bulu nya kering.

4.Banyak berdo’a supaya bajing saya jinak :) amien

sekian tips dari saya semoga bermanfaat,tapi menurut buku tatang sutarma kayanya gak bermanfaat ya ? silahkan caci maki di from komentar.

About Aryanto

hidup adalah pilihan

Posted on January 22, 2011, in ALL ABOUT PET and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 64 Comments.

  1. knp ya bajing saya g mau makan…?

    • biasanay kalau bajing tak mau makan pertanda stres !
      ditandai dengan keluar air liur dari mulut,,(berbusa) coba kasih menu yang berfariatif.

      bila sakit berlanjut segera hub dokter hewan

  2. apa bajing perlu di kasih air minum???? trus mandiinya pake sabun ga???hehehh……..

  3. kk aku beli bajing terbang 3 eh ke esokan harinya mati semua ko bisa ya pdhl bejingnya sehat2
    apa cuaca berpengaruh aku tinggal di daerah lembang cuacanya dinginnn???

    • Umurnya kira-kira berapa bulan mas ? wah sayang juga 3 sampai mati semua padahal belinya pasti mahal tuh ?

      faktor lingkungan kurang pengaruh deh kayanya ? asal kandang di sesuaikan dengan umur bajing.

  4. Curhat dikit Bro……..>>>>!!!!
    kalau bajing q.
    jujur dia gak manja makan nasi ja dia mau tp yang anehnya lagi dia gak suka makan kelapa kenapa ya……???
    klu soal jinak dia blm 70 % jinak soalnya msh suka gigit.

  5. yen untuk gigit2 ak rasa biasa soale tiap hari jariku digigitin tp gak sakit kie cuman geli…, dan punyaku dah jinak kok…, wong klu tidur ada minta disampingku dikasih alas handuk kecil, tp inget harus tiap hari dimandiin biar gak bau….

  6. q br mau gbung nih.. soalna br coba pelihara bajing, coz masi cr2 tau nih…..!!!

  7. Mas ikutan nimbrung…aq barusan beli sepasang bajing terbang jawa (petinomys sagitta)..
    ukuran kandang nya ?? trus makanannya ?? :bingung…

  8. mas ikut nanya..
    aq bru melihara 2 ekor tupai yg msih bayi bgt,kehilangan ibu’nya krna ditembak.
    kasihan bgt….tp q blm tau bnar gmna cara mlihara tupai yg bner.
    kasih minum n makan apa mas??
    makasih sblumnya.

    • itu wajib dikasih minum. terutama susu. jangan di kasih susu formula ato yang biasa kita minum soalnya bahaya dia akan beda ama yang dikasih susu kusus. formulanya sama kayak asi ibunya. namanya ESBILAC atau KMR. bisa dibeli di pet shop. trus kasih makan yang halus halus. kalo usianya 3-4 minggu. kasih pisang dulu lah..

  9. mas mau tanya bajing saya ko bulu pala’a botak kenapa iya .pdahal udh di mandi’n tpi cma di semprot doang si . hehe
    abis kalo di mandi’n pae sabus takut mati :D

  10. mas,mau tanya ciri-ciri bajing sedang sakit itu seperti apa ya?dan cara menyembuhkannya gimana selain dibawa ke dokter hewan? bajing saya mogok makan dan kalau diajak jalan malah tidak bisa seperti orang lumpuh :(

  11. tupai saya jadi galak , kok bisa ya ??? Waktu pertaman beli sih jinak bangeet !

  12. mas, sy mw plhra bajing, tp ktane suka pi2sin yg melihara ya??alasane knpa y ox ky gto,?? trus pnykit pa aja (xlo ada) yg ditularkan antra mnusia n’ bajing??

  13. Gan saya beli bajing anak nya ,..d kasih makan nya pepaya tiap hari trus blum aja seminggu mati gan ,.bisa tolong d kasih tau gan ^_^

    • Ijin ikutan Gan…
      ini Pengalaman pribadiku ya,,,3 bulan yg lalu aku kebetulan nemu bayi tupai,awalnya bingung juga mau kasih makan apa?tp rasa khawatir bercampur kasian,dengan terpaksa aku kasih aja makan formula bayi (sisa anakku…hehehehe),sekarang tupaiku udah besar dan sehat,malah jinak..kalo boleh aku anjurin,coba deh ikutan tipsku…trims

      • nice share gan , terimakasih sudah berkunjung untuk pengunjung lainnya bisa di ikuti tips memelihari bajing supaya jinak alana agan edyjambronk

  14. mau tanya gan…..
    saya beli anak bajing tpi kebiasaan’a cma tidur terus g’ prnh keluar dri kandang apa itu normal or ad pnykit…..
    thanks…….

  15. mas mau tanya…
    kog bajing saya tau2 kaki belakangnya kayak patah gtu ya..nekuk ke atas terus…
    kira2 knapa ya??mohon bantuannya….

  16. info yang sangat bermanfaat nih sob ijin menyimak , thanks for share sob :D

    ADMIN “Variasi Blogger”

  17. Aq pernah bc kalo mau bajing jinak ktnya kt potong gigi yg runcing,biar gk sakit kalo gigit,ap bnar?trus motong gi2nya pk ap?gmana crnya?mhon info.

  18. Gan,,??saya punya 2 tupai terbang,,tp galak banget suka gigit jd kolo pngen di ajak main kluar kandang saya harus pake sarung tangan
    Pengen tau ni gimana cara jinakin nya,,??
    Trims

  19. Sejak beli.. bajingnya saya ikat dileher.. soalnya takut lari… sebenarnya ga papakan bajing diiket dilehernya

  20. ohya gan… mank kalo udah jinak, ga lari yach..??? takut lari end ga balik lagi !!!!

  21. Gan ane beli bajing dah dewasa , galaknya minta ampun . Gimana cara jinakinnya gan ?

  22. mo tnya,,
    kan kemarin bajing saya di gigit kucing pliharaan saya juga, nah bajing saya jadi gak bisa jalan, karena gigitan s kucing,,
    sekarang bajing saya juga gak mau makan, badannya jadi kurus dan bawaannya lemes tiduran aja,, gmana caranya supaya bajing saya sehat kembali ????

  23. gan kenapa ya tupai ane ga mau makan n bdannya lemes?
    mhn jawabannyaa

  24. mas, boleh tanya, saya punya tupai kekes 2 ekor usia 4 minggu, klo bedain yang jantan sama yang betina gimana mas?

    • usia 4 minggu dilihat saja bagian perutnya biasanya ada kelaminnya kalau nonjol berarti jantan , dan lihat saja dari ukuran tubuhnya biasanya jantan lebih gede

  25. Gan,ane pny bajing kelapa sejak beli udh jinak tp dia klo dkandang ngamuk trus klo kelamaan d kndg kyanya stres..
    Blh ga tiap hr dksh minuman kayak buavita gt?

  26. gan ni mau ngash info aj klo mau jinak mending cari yang anakan aja n jgn dikandangin,bajing ane ga ane kandangin ya hari hari dikamar aja kadang ngikut jg ngantor hehe ane masukin di tas pinggang..n biasaain aj dibnyk dipegang jgn lebih bnyk dikandang ny gan..ya anggap aj kaya pelihara puppy..

  27. bajing punya ku si jinak.. tapi kalo pipis ditangan bikin gatal2..terus kukunya juga lancip2,jd sakit kalo kegores… apa boleh kuku bajing di potong?

  28. ada tas khusus buat bajing terbang supaya bisa dibawa” ngga gan ??
    soalnya kalo di tas pinggang biasa takut dia susah nafasnya

  29. Numpang tanya gan. q barusan beli tupai terbang sepasang. udah remaja. apa bisa di ternak ya? mohon sarannya?

  30. saya punya tupai pelihara 2 bulan yll : makanan : pisang ,pepaya, jagung manis, puding… minum air matang manis, harus sering minum agar tdk dehidrasi.
    Sangat jinak bahkan tidak mau pisah dengan anaksaya, bahkan ditaruh dikandang dia nangis selalu ingin ikut manusia,jaga kehangatan waktu tidur, sempat sakit kebebelan, bawa ke dokter..beres..
    sama sekali tidak pernah nggigit..
    kalaubw pergi masukkan kantung/pocket…pasti tidur..
    lucuuu sekali..manja..ada yg bilang tupai salah asuhan..

  31. ,mu tanya ni…. gw pnya tupai terbang,tapi msih ganas, n katanya giginya harus dpotong??? bner ng sih.?? n gmna cra jinakinya,,

    • masalah potong gigi saya kira sulit , selain harus di pegang yang kuat lehernya , takut gigit pula dan tupainya jadi stress , alhasil kekencengang pegang leher tupai yang ada tupainya mati , kasian

  32. kawan saya mau tanya kira” brapa isia maksimal tupai ??
    makasi

  33. mas saya mau memelihara bajing nih.,cara memilih anak bajing yang sehat gmna.a mas?

  34. knp.a gan baru juga anak.a kok galak banget?
    cara biar jinak.a gmn.a gan?

  35. Bjing sya tba2 lmes n tduran mlu qra2 knpa yaa…??

  36. andriano rooney

    cerita gw nh.gw pelihara bajing waktu umur 1 minggu masih botak,matanya juga belum bisa liat alias mash merem.2 tahun gw pelihara jinak bener bro.gw tamain bajing gw nama nya zack squirell.dari kecil minum nya susu sampe skarang trus yang aneh nya makan mie trus nasi dah kaya manusia aj gt,kalo masalah jinak bajing emang no wahid.tdur juga mau nya sama yang empunya.masalah perawatan mah gampang.dan satu hal lagi 2 tahun si zacx gw liarin tapi aneh nya slalu bikin sarang d rumah gw.makan juga minta trus lagi walau dah bisa cari sendiri.cukup deh kalo di ceritain panjang beud capcai ngetik nya.hub gw aja soal tips meliharanya gratis.d 087770837037.kasih imugt.maklum gw orang kampung jadi masalah hewan insyaallah gw ngerti smua.kalo ga percaya liat fb gw di andriano rooney.disitu ada futu gw sama s zack.hehehehehehehehe maf gan numpang corat coret.

  37. ane punya bajing kelapa nih gan…
    tapi klo makan di handfeed ko gx mau ya?
    udah ngga ngigit, tapi kok gak mau dipegang “n” diajak main ya..
    klo dilepas dia malah lari “n” cari tempat persembunyian..
    susah banget lagi nangkepnya…
    gimana cara.a ya gan biar bisa akrab sama kita..biar bisa dipegang gitu..
    mohon infonya….

  38. kemaren dirumah sayah baru ada pembantayan soal nya di anggap hama masyarakat dan saya pun setuju tuh habis bajing nya bajing looncat alias maling gkgkkgkg

  39. gan bajing saya mencret2 terus sekarang dia tiduran terus lemes, dia masih bayi.. saya dapet bajing dari ponakan dia bawa k rumah tp ga di urus yaudah saya yg urus skrg. kasian skrg terkulai lemas, apa yg harus saya lakuin yah gan, sedih ngeliatnya lemah kaya gitu :(

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 62 other followers

